Galau, Nikah atau Beli Rumah Dulu? - Rumah Murah Malang
Artikel

Galau, Nikah atau Beli Rumah Dulu?

Galau, Nikah atau Beli Rumah Dulu ? Mungkin pertanyaan ini ada dalam salah satu dari sekian pertimbangan yang Anda rasakan saat ini. Menikah atau membeli rumah keduanya tentu membutuhkan biaya, dimana setiap tahunnya biaya tersebut cenderung selalu naik.
Mana yang didahulukan, biaya menikah atau biaya down payment rumah? daripada galau tak bermanfaat, berikut solusi praktis yang bisa kamu praktikkan untuk wujudkan impianmu punya rumah sendiri:

  • Tentukan Tujuan Keuangan Secara Jelas
    Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan dan mulai berencana ke tahap yang serius yakni pernikahan, tentunya kamu wajib mulai membicarakan kondisi keuangan dan impian keuangan dengan pasangan. Topik keuangan seputar gaji, nilai aset, hutang hingga setelah menikah rencana tinggal di mana, rumah sendiri atau apartemen? Semua itu sebaiknya sudah diskusikan bersama pasangan agar kamu bisa mengatur keuangan bersama dengan tujuan yang lebih jelas.
  • Pikirkan pernikahan yang sederhana
    Sebesar-besarnya biaya pernikahan, tetap tak akan sebesar kenaikan harga properti. Pernikahan dapat dilakukan dengan sederhana, yang penting sah secara agama dan keluarga Anda merestuinya. Jadi jika Anda belum dikejar oleh umur dan menikah masih bukan prioritas utama, cobalah untuk menyisihkan penghasilan sebagai DP rumah. Minimal ketika Anda menikah, Anda sudah memiliki tempat tinggal.
  • Belum berencana menikah dalam waktu dekat
    Jika Anda masih lajang dan jomblo? Atau, Anda masih lajang dan punya pasangan, tapi belum punya rencana menikah dalam setahun atau dua tahun ke depan? Jika kondisinya demikian, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli rumah sejak masih lajang. Bagaimanapun, pembelian rumah adalah investasi yang mampu mengimbangi laju inflasi.
  • Pertimbangkan rencana setelah menikah
    Bila Anda atau calon pasangan berencana untuk menjadi entrepreneur setelah menikah, misalnya dengan alasan agar memiliki waktu yang fleksibel untuk keluarga, berarti sebisa mungkin mulailah DP rumah sebelum menikah.
    Setidaknya rumah yang sudah Anda miliki ketika menikah ini dapat menjadi jaminan jika pasangan atau Anda membutuhkan modal awal usaha Anda.
Galau, Nikah atau Beli Rumah Dulu?

Jika pilihan jatuh pada membeli rumah dahulu sebelum menikah. Tentu ada beberapa hal yang harus disiapkan dengan matang. Hal ini terutama menyangkut biaya pembelian rumah, hingga biaya administrasi, hingga biaya cicilan jika menggunakan skema kredit.
Kemudian jika memilih menikah dulu hal yang harus diperhatikan adalah mengecilkan atau mengesampingkan ego sosial. Biaya pernikahan saat ini tidaklah begitu tinggi, akan tetapi yang membuat membengkaknya biaya jika adalah persoalan gengsi dan faktor sosial lainnya.

Ambil Langkah Berani Wujudkan Impianmu
Bisa dibilang generasi milenial itu punya banyak impian yang ingin dicapai dan akan berusaha yang terbaik untuk mewujudkannya. Termasuk impian menemukan pasangan yang cocok, punya hunian idaman, travelling keliling dunia dll. Go ahead, dan saatnya #AmbilLangkahBerani wujudkan impianmu bersama The Green Sukun Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut