Cara Manfaatkan KPR Rumah Tanpa DP - Rumah Murah Malang
Artikel

Cara Manfaatkan KPR Rumah Tanpa DP

Ingin Punya Rumah? Yuk simak Cara Manfaatkan KPR Rumah Tanpa DP. Mengajukan KPR rumah bisa jadi solusi untuk mengurangi beban biaya pada saat membeli rumah second.

Namun, ada satu lagi masalah yang kerap dihadapi orang ketika beli rumah, yakni uang muka atau DP.

Dalam aturan Bank Indonesia (BI) sebelumnya, ketentuan Loan to Value (LTV) atau DP rumah pertama yang ditetapkan minimal 15% dari harga rumah. Itu artinya, jika Anda ingin membeli rumah seharga Rp260 juta, maka uang muka yang harus diberikan kepada bank sekitar Rp39 juta.

KPR rumah murah tanpa DP

Tapi itu dulu. Kini, BI membebaskan batas minimal DP rumah pertama per 1 Agustus 2018. Kebijakan makroprudensial tersebut diluncurkan bersamaan dengan kenaikan suku bunga acuan BI akhir Juni lalu sebesar 50 basis poin (Bps). Penyesuaian suku bunga acuan BI, salah satunya untuk menyelamatkan kurs rupiah yang tengah terpuruk.

Penjelasan Cara KPR Rumah Second tanpa DP


Pada dasarnya, cara KPR rumah second tanpa DP sendiri cukup sulit dilakukan.

Sebab, para penjual rumah biasanya meminta pembayaran uang muka terlebih dahulu sebagai tanda jadi jual beli rumah.

Kecuali, kamu bisa merayu pemilik rumah agar meniadakan uang muka dan menggantinya dengan pembayaran cicilan rumah pertama.

Namun, hal tersebut juga tidak semerta-merta membuat masalahmu selesai, sebab kamu masih harus membayar sejumlah uang yang cukup besar untuk membayar cicilan pertama rumah tersebut.

Apabila kamu ingin membeli rumah tanpa DP, kamu bisa mengajukan KPR pembelian rumah tanpa DP yang diberikan oleh beberapa penyedia layanan KPR, baik bank swasta, negeri atau bank syariah.

Akan tetapi, pengajuan KPR rumah nol persen juga hanya berlaku untuk pembelian rumah pertama dan hanya berlaku untuk pembelian rumah baru, bukan bekas.

Sehingga, untuk kamu yang mencari sedang cara KPR rumah second tanpa DP, agaknya hal tersebut cukup sulit untuk diwujudkan.

Bukan tanpa alasan BI membebaskan uang muka rumah pertama. Hal ini dilakukan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab jika suku bunga acuan BI naik, rupiah tertolong. Namun konsekuensinya bunga kredit perbankan ikut naik. Ini sama saja seperti mengerem pertumbuhan ekonomi.

Padahal pemerintah sedang mendorong pertumbuhan ekonomi ke level lebih tinggi. Oleh karenanya, BI menempuh bauran kebijakan dengan melonggarkan LTV atau DP rumah supaya perekonomian terus bertumbuh.

Kebijakan tersebut, antara lain pertama, pelonggaran rasio LTV untuk kredit properti dan rasio Finance to Value (FTV) untuk pembiayaan properti. Kedua, pelonggaran jumlah fasilitas kredit atau pembiayaan melalui mekanisme inden, serta ketiga penyesuaian pengaturan tahapan dan besaran pencairan kredit.

Cara Pengajuan KPR Rumah Bekas Tahap Demi Tahap


Meski cara KPR rumah second tanpa DP tidak memungkinkan, namun kamu tetap bisa kok membeli rumah bekas dengan harga yang cukup murah, yakni dengan pengajuan KPR rumah bekas.

Proses pengajuan KPR rumah bekas juga tidak sulit, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti segala prosesnya dan melengkapi segala persyaratan ketika pengajuan KPR tersebut.

Enaknya lagi, aturan bebas DP ini berlaku untuk semua tipe rumah tapak, rusun, ruko atau rukan (hanya untuk kredit properti pertama).

Sementara untuk rumah kedua dan seterusnya, rasio LTV ditetapkan sebesar 80% sampai 90%, kecuali untuk tipe rumah di bawah 21 meter persegi. Jadi DP-nya 20% untuk rumah susun tipe lebih dari 70 meter persegi dan 10 persen untuk kredit rumah atau pembiayaan properti rumah tapak tipe 22-70 meter persegi.

Hanya saja tidak semua bank memiliki program yang bisa menerapkan KPR DP 0% dari BI. Dalam menetapkan besaran uang muka, perbankan harus menerapkan aspek kehati-hatian. Jadi, cuma bank yang memiliki total kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) net kurang dari 5 persen dan NPL KPR gross kurang dari 5 persen yang dapat memanfaatkan pelonggaran ini.

Akan tetapi, untuk saat ini, belum ada kabar bank mana saja yang siap mengimplementasikan kebijakan BI tersebut. Cara Manfaatkan KPR Rumah Tanpa DP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut