8 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir - Rumah Murah Malang
Artikel

8 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

8 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir. Banjir memang mendatangkan kerugian yang besar bagi masyarakat. Tak hanya keselamatan jiwa yang terancam, hunian yang sempat terendam banjir pun bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab penyakit. Karena itulah rumah yang sempat terendam banjir harus segera dibersihkan.

Baca Juga : 6 Cara Antisipasi Jika Punya Rumah Di Kawasan Banjir

8 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir
  1. Langkah pertama tentunya bersihkan sisa air dari rumahmu
    Begitu banjir surut, rumah tentunya masih dipenuhi oleh genangan air. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghilangkan semua air yang tersisa dengan segera. Kamu bisa menggunakan pel karet atau serokan untuk melakukannya.
    Pastikan tidak ada yang tersisa di setiap sudut rumah. Jika perlu, pindahkan perabotan ke area yang tidak tergenang agar proses pembersihan bisa lebih menyeluruh.
  2. Bersihkan Lantai dengan Cairan Antiseptik dan Air Hangat
    Selanjutnya, bersihkan permukaan lantai menggunakan cairan pembersih kuman. Tapi, sebelumnya bersihkan dulu dengan air sampai di tahap akhir, guna memastikan tak ada bakteri yang mengendap, baru gunakan cairan pembersih kuman.
    Lakukan sampai dua kali bila Anda mau mendapatkan hasil maksimal. Kendati, sekali proses pembersihan saja sebenarnya sudah cukup. Sebagai tambahan, gunakan air hangat ketika mengepel permukaan lantai yang sudah terendam air banjir.
  3. Membersihkan tembok
    Tembok adalah bagian tersulit untuk dibersihkan setelah banjir melanda. Kamu harus memastikan area tersebut benar-benar kering agar tidak ditumbuhi jamur. Selain itu, dinding yang dibiarkan basah juga akan membuat rumah menjadi lembap dan tidak baik untuk paru-paru.
    Jika memungkinkan, hilangkan lapisan dinding yang rusak karena air. Setelah situasi benar-benar aman, lapisi lagi dinding dengan pelapis anti air atau cat tembok. Jika kamu menggunakan wallpaper, segera cabut karena air akan terhambat di dalamnya dan menjadi jamur.
  4. Rendam Peralatan Makan di Air Hangat dan Sabun Cuci Piring Antibakteri
    Taruh piring, gelas, dan mangkuk dalam satu wadah besar yang diberikan cairan pembersih kuman. Rendam di dalam air hangat selama sepuluh menit, cuci bersih dan biarkan kering. Jangan gunakan lap untuk mengeringkan.
    Sementara, panci dan sisa alat masak sebaiknya direndam di dalam air mendidih selama 10 menit. Semua lemari dan konter penyimpanan harus dibersihkan dengan cairan pembersih kuman lebih dulu sebelum ditaruh berbagai macam perabot.
  5. Mencuci baju dua kali
    Pakaian yang terendam banjir masih dapat digunakan dengan membersihkannya secara ekstra. Cuci lah baju sebanyak dua kali untuk memastikan kotoran dan noda hilang dari pakaian.
    Pencucian pertama bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tampak jelas. Pencucian kedua untuk menghilangkan noda dan kuman yang yang tersisa.
  6. Selamatkan perabotan yang masih bisa digunakan
    kita sebaiknya menyelamatkan barang yang terendam banjir dalam kurun waktu 48 jam. Ini berfungsi untuk menghindari kerusakan dan kontaminasi lebih lanjut dari air kotor.
    Setelah banjir surut, segera keringkan perabotan tersebut. Kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari atau membiarkannya terpapar udara. Semakin lama barang dibiarkan basah, semakin tinggi pula risiko kerusakan.
  7. Pisahkan dan Keringkan Dokumen
    Foto, buku, dan surat-surat penting bisa didiamkan untuk dibersihkan nanti. Pisahkan lembaran-lembarannya dan keringkan sehati-hati mungkin.
  8. Jangan ragu membuang barang yang rusak karena banjir
    Sebaliknya, jangan ragu pula untuk membuang perabotan yang rusak karena air bah. Misalnya karpet, peralatan kayu, kain, dan kasur yang terendam air lebih dari 24 jam. Semua itu tidak akan bisa kembali seperti semula dan mengandung berbagai kuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Demikian 8 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir melanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut