5 Tips Beli Rumah yang Bebas Banjir - Rumah Murah Malang
Artikel

5 Tips Beli Rumah yang Bebas Banjir

5 Tips Beli Rumah yang Bebas Banjir. Kita tahu pada akhir-akhir ini banyak berita di sejumlah daerah di Indonesia terdampak oleh banjir. Untuk itu bagi Anda yang ingin membeli rumah harus cermat dalam memilih kawasan rumah yang aman dari dampak banjir bagi keluarga tercinta Anda.

Bukan hanya luas rumah dan harga yang jadi pertimbangan beli rumah. Tentu tidak mau rumah yang dibeli terletak di wilayah atau lokasi rawan banjir.
Ketika rumah memang berada di wilayah banjir, sulit untuk mendapatkan ganti rugi meskipun rumah memiliki asuransi properti. Karenanya, lakukan hal berikut sebelum memutuskan membeli rumah. Kamu pastinya tidak mau jika rumah yang dibeli ternyata ada di lokasi bebas banjir.

5 Tips Beli Rumah yang Bebas Banjir

Jangan hanya tanya tetangga dan RT/RW
Developer manapun pasti akan bilang kalau hunian yang dibangunnya bebas banjir. Kalau mengaku daerah tersebut sering banjir, hunian yang dijual jadi tidak laku. Mengingat banjir seakan sudah menjadi agenda rutin di kota-kota besar di Indonesia, kamu harus jeli apakah rumah yang akan kamu beli terletak di daerah bebas banjir atau sebaliknya.
Bertanya pada tetangga atau RT/RW setempat wajib dilakukan. Tapi tidak hanya pada mereka, kalau perlu kamu bertanya pada warga di kompleks sebelah untuk memastikan kalau wilayah tersebut bebas banjir.

Kalau sempat cek lokasi saat musim hujan
Harga rumah yang ditawarkan saat pameran memang menggiurkan. Salah satu strategi yang sering dipakai developer adalah dengan hanya membayar uang booking, pembeli bebas dari biaya proses KPR, notaris, dan lain-lain. Karena tergoda dengan promosi ini, banyak pembeli yang langsung bayar tanpa mengecek lokasi hunian.

Supaya tidak kecewa, cek lokasi hunian saat musim hujan. Apakah drainasenya baik? Apakah daerah tersebut tidak pernah banjir meski hujan lebat? Sayangnya cara ini sulit dilakukan untuk rumah inden.

Cari rumah yang selokannya tertutup
Selokan biasanya ditutup oleh trotoar di atasnya. Selokan seperti ini relatif lebih aman dan bersih karena orang tidak bisa seenaknya membuang tempat sampah.

Cek pengelolaan sampah
Tanyakan pada developer bagaimana pengelolaan sampah di wilayah tersebut. Apakah ada petugas yang rutin mengambil sampah dan berapa biaya kebersihan yang harus dibayar. Jika sampah dari setiap hunian ditampung terlebih dahulu di bak penampungan besar, cek apakah tempatnya tertutup sehingga tidak menyumbat saluran air.

Lihat peta rawan banjir
Ada saja pengembang yang membangun rumah di area yang seharusnya jadi lahan terbuka hijau atau rawan longsor. Supaya tidak terperdaya, cek peta rawan banjir dan rawan longsor keluaran BNBP yang bisa diakses bebas di internet.

Itulah 5 Tips Beli Rumah yang Bebas Banjir, semoga bermanfaat dan selamat membeli rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut